Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer SMA Budhi Warman II

Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer SMA Budhi Warman II Berjalan Lancar

png anbk

Rabu, 29 September 2021 SMA Budhi Warman II mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang laboratorium komputer sekolah sebagai fasilitas untuk membantu peserta didik mengikuti ujian.

Melansir dari situs kemendikbud.go.id dijelaskan bahwa Asesmen Nasional merupakan program pemerintah dalam menilai mutu setiap satuan pendidikan jenjang dasar dan menengah. Penilaian Mutu satuan pendidikan dilihat berdasarkan hasil belajar dalam tiga hal, yaitu literasi, numerasi, dan karakter, serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Sebanyak 50 orang peserta didik SMA Budhi Warman II dari kelas XI terpilih untuk mengikuti ujian yang terdiri dari 45 peserta utama dan 5 orang peserta cadangan. Kelimapuluh peserta didik tersebut menjadi representatif kualitas pendidikan SMA Budhi Warman II. Pardi Supardi, S.S., MPd, Kepala Sekolah SMA Budhi Warman II mengajak seluruh wali kelas agar selalau aktif membimbing peserta didik agar sukses mengikuti ANBK

Sebelumnya SMA Budhi Warman II berhasil melaksanakan gladi ANBK pada hari Rabu, 8 September 2021, sehingga ketika pelaksanaan ANBK Utama siswa tidak mengalami kendala yang berarti.

Kegiatan ANBK dilaksanakan selama dua hari yakni hari rabu, 29 September dan Kamis, 30 September 2021 pukul 07:30 hingga pukul 09:40. Pada hari pertama peserta didik diminta menjawab soal Literasi, yang bertujuan untuk menguji kemampuan peserta didik dalam membaca dan memahami sebuah teks/wacana. Kemudian dilanjutkan dengan mengisi survey Karakter dan lingkungan belajar.

Pada Hari kedua peserta didik mengisi Instrumen asesmen nasional Asesmen Kompetensi Minimum bidang Literasi Matematika (Numerisasi) yang bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam berpikir menggunakan konsep, angka, dan alat matematika.

Bentuk soal dalam ANBK terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, uraian singkat, dan menjodohkan.

Selama ANBK berlangsung SMA Budhi Warman II tetap memberikan layanan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kepada peserta didik yang tidak mengikuti ujian asesmen. Sehingga, kegiatan Belajar mengajar tetap berlanjut dan guru bisa membimbing perkembangan siswa dari waktu ke waktu.

 


Print