KOMPARASI SISTEM PENDIDIKAN ANTARA INDONESIA & FINLANDIA di SMA-SMK Budhi Warman II

education finland 2SMA-SMK Budhi Warman II mendapat kesempatan untuk menerima materi mengenai sistem pendidikan di Finlandia. Materi tersebut dibawakan oleh CEO dan founder TinyApp, ialah Ms Taina Mikkola. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Mei 2019 di meeting room SMA-SMK Budhi Warman 2. Pemaparan materi dihadiri Drs, H. Ahyar Sihombing, Mpd.,wakil ketua bidang pendidikan Budhi Warman II, dan juga pimpinan sekolah serta guru-guru bahasa Inggris dari semua sekolah di bawah naungan Yayasan Budhi Warman.

education finland 3

Taina Mikkola menjelaskan mengapa sistem pendidikan di finlandia yang selalu mendapatkan skor terbaik dalam survei penilaian siswa internasioanl (PISA). Beberapa diantaranya mengenai kepedulian negara terhadap warganya untuk mendapakan pendidikan. Hal tersebut dibuktikan dengan memberikan pendidikan secara gratis kepada warganya.

education finland 4Contoh lain betapa baiknya sistem pendidikan di finlandia adalah seleksi guru yang begitu ketat. Hal tersebut sejalan dengan gaji tinggi yang akan diterima oleh seluruh tenaga pendidik di Finlandia. Guru-guru yang mengajar di sekolah adalah mereka orang-orang terpilih dari universitas ternama di negara tersebut. Sehingga, Profesi guru bisa disejajarkan dengan profesi lain seperti pengacara, dokter, atau manajer perusahaan.

education finland 1Pada akhir acara, peserta diizinkan untuk bertanya kepada pemateri dan salah satu guru bertanya mengenai kebijakan ujian nasional yang ada di Negara Indonesia. Ms Taina menjawab bahwa Ujian Nasional bagus untuk mengukur kualitas pendidikan di Negara Indonesia.


Print